Hubungan
Komunikasi Dalam Organisasi
STIE Bisnis
Indonesia
Jemmy Ruftiano SE,
MM
Masalah-Masalah
Dalam Komunikasi
- Masalah dalam menafsirkan pesan
- Perbedaan latar belakang: Perbedaan usia, Pendidikan, Jenis kelamin, Status sosial, Kondisi ekonomi, budaya, temperamen, agama
- Perbedaan penafsiran
- Perbedaan latar belakang budaya
- Perbedaan reaksi emosional
Ciri-ciri Komunikasi
yang Efektif
- Persepsi: komunikator dapat memprediksi apakah pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima atau tidak.
- Ketepatan: mengekspresikan sesuai dengan kerangka berpikir audiens
- Kredibilitas: komunikator harus dapat memahami dengan baik apa maksud dan tujuan penyampaian pesan
- Pengendalian:reaksi audiens bergantung pada kepiawaian komunikator dalam mengendalikan audiens
- Keharmonisan:komunikator menghormati dan memberikan kesan yang baik kepada audiens
TIPS: mengatasi
hambatan komunikasi
- Membuat pesan lebih hati-hati
- Perhatikan maksud dan tujuan
- Gunakan bahasa yang jelas, sederhana, mudah dipahami dan tidak bertele-tele
- Penekanan pada pesan yang penting
- Menelaah kembali pesan yang akan diberikan
- Minimalisir gangguan proses komunikasi, lokasi penyampaian pesan teratur, rapi, nyaman dan sejuk
- Mempermudah umpan balik
- Tatap muka
- Telpon
- Surat
ORGANISASI
Sekelompok
masyarakat yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Komunikasi adalah
perekat yang memungkinkan kelompok masyarakat tersebut secara bersama-sama
melakukan fungsinya dengan baik
1. Peran Antar Pribadi
·
Tokoh Figur:
perwakilan organisasi, yang dituakan pada acara formal maupun informal
- Pemimpin:Do the right things, motivasi, stability and control
- Penghubung:Mediator kepada pelanggan, pemasok, klien dan pemerintah
2. Peran Informasional
- Monitoring:Mengawasi bawahan agar sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan
- Penyebar Informasi:menyampaikan informasi secara menyeluruh agar karyawan dapat memahami dengan baik berbagai kebijakan
- Peran juru bicara:menyampaikan kebijakan-kebijakan penting organisasi baik kepada internal maupun eksternal
3. Peran Pengambil Keputusan
·
Wirausaha:peran sebagai wirausahawan yang jujur, dinamis, ulet, kreatif, inovatif,
responsif, bertanggung jawab, risk taker dan wawasan yang luas.
- Pemecah masalah:kemampuan mengatasi masalah dalam pekerjaan
- Peng-alokasi sumberdaya:mengoptimalkan sumberdaya
- Negosiator:negosiator dengan pihak eksternal maupun internal
Kegiatan
Pertukaran Informasi
1.
Menetapkan tujuan
organisasi
finansial,
mutu produk / layanan, kepuasan karyawan
2.
Membuat dan
melaksanakan keputusan
membuat
keputusan-keputusan yang mendukung terlaksananya tujuan
3.
Mengukur prestasi
kerja
biaya,
penjualan, market share, produktifitas, tingkat persediaan
4.
Merekrut dan
mengembangkan staf
5.
Pelayanan
pelanggan
6.
Negosiasi dengan
pemasok
7.
Interaksi dengan
peraturan yang ada
komunikasi dengan pemerintah
terkait aturan yang ada: perlindungan keselamatan kerja, jaminan hari tua, UMP,
jam kerja, pencemaran lingkungan, penentuan lokasi usaha
8.
Memproduksi produk
9.
market research,
kampanye penjualan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar