Selasa, 27 Maret 2012

Hubungan Komunikasi Dalam Organisasi


Hubungan Komunikasi Dalam Organisasi
STIE Bisnis Indonesia
Jemmy Ruftiano SE, MM

Masalah-Masalah Dalam Komunikasi
  1. Masalah dalam menafsirkan pesan
  2. Perbedaan latar belakang: Perbedaan usia, Pendidikan, Jenis kelamin,  Status sosial, Kondisi ekonomi, budaya, temperamen, agama
  3. Perbedaan penafsiran
  4. Perbedaan latar belakang budaya
  5. Perbedaan reaksi emosional

Ciri-ciri Komunikasi yang Efektif
  1. Persepsi: komunikator dapat memprediksi apakah pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima atau tidak.
  2. Ketepatan: mengekspresikan sesuai dengan kerangka berpikir audiens
  3. Kredibilitas: komunikator harus dapat memahami dengan baik apa maksud dan tujuan penyampaian pesan
  4. Pengendalian:reaksi audiens bergantung pada kepiawaian komunikator dalam mengendalikan audiens
  5. Keharmonisan:komunikator menghormati dan memberikan kesan yang baik kepada audiens
 
TIPS: mengatasi hambatan komunikasi
  • Membuat pesan lebih hati-hati
  • Perhatikan maksud dan tujuan
  • Gunakan bahasa yang jelas, sederhana, mudah dipahami dan tidak bertele-tele
  • Penekanan pada pesan yang penting
  • Menelaah kembali pesan yang akan diberikan
  • Minimalisir gangguan proses komunikasi,  lokasi penyampaian pesan teratur, rapi, nyaman dan sejuk
  • Mempermudah umpan balik
    • Tatap muka
    • Telpon
    • Surat

ORGANISASI
Sekelompok masyarakat yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Komunikasi adalah perekat yang memungkinkan kelompok masyarakat tersebut secara bersama-sama melakukan fungsinya dengan baik
 

1.    Peran Antar Pribadi
·         Tokoh Figur:  
perwakilan organisasi, yang dituakan pada acara formal maupun informal
  • Pemimpin:Do the right things, motivasi, stability and control
  • Penghubung:Mediator kepada pelanggan, pemasok, klien dan pemerintah
2.    Peran Informasional
  • Monitoring:Mengawasi bawahan agar sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan
  • Penyebar Informasi:menyampaikan informasi secara menyeluruh agar karyawan dapat memahami dengan baik berbagai kebijakan
  • Peran juru bicara:menyampaikan kebijakan-kebijakan penting organisasi baik kepada internal maupun eksternal

3.    Peran Pengambil Keputusan
·         Wirausaha:peran sebagai wirausahawan yang jujur, dinamis, ulet, kreatif, inovatif, responsif, bertanggung jawab, risk taker dan wawasan yang luas.
  • Pemecah masalah:kemampuan mengatasi masalah dalam pekerjaan
  • Peng-alokasi sumberdaya:mengoptimalkan sumberdaya
  • Negosiator:negosiator dengan pihak eksternal maupun internal

Kegiatan Pertukaran Informasi
1.    Menetapkan tujuan organisasi
            finansial, mutu produk / layanan, kepuasan karyawan
2.    Membuat dan melaksanakan keputusan
            membuat keputusan-keputusan yang mendukung terlaksananya tujuan
3.    Mengukur prestasi kerja
            biaya, penjualan, market share, produktifitas, tingkat persediaan
4.    Merekrut dan mengembangkan staf
5.    Pelayanan pelanggan
6.    Negosiasi dengan pemasok
7.    Interaksi dengan peraturan yang ada
komunikasi dengan pemerintah terkait aturan yang ada: perlindungan keselamatan kerja, jaminan hari tua, UMP, jam kerja, pencemaran lingkungan, penentuan lokasi usaha
8.    Memproduksi produk
9.    market research, kampanye penjualan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar